Extension Tube

Banyak orang yang menganggap bahwa macro photography adalah salah satu kategori fotografi mahal. Kenapa? Karena sudah bukan rahasia lagi jika lensa macro itu harganya cukup menguras kantong. Beberapa contoh lensa macro adalah Tamron 90mm(favorit saya tapi belum kuat beli), Tamron 180mm (lebih favorit lagi), Canon 100 mm, Nikkor 105mm, Nikkor 60mm, dll. Lensa makro adalah lensa yang memiliki magnification ratio 1:1. Jika ada lensa yang labelnya macro tapi perbandingannya bukan 1:1, ya bisa disebut itu macro-macroan.

Namun, saat ini foto makro bukan barang mewah lagi, banyak sekali teknik motret makro yang murah antara lain reverse lens (membalik lensa), close up filter, extension tube, dll. Pada intinya adalah menambah jarak terdekat fokus pada lensa ke objek.  Jadi lensa dapat lebih dekat ke objek sehingga objek bisa terpotret dengan lebih detail.

Kali ini, saya coba share tentang pengalaman menggunakan extension tube yang sangat murah meriah. Saya menggunakan Cezzo Macro ExTube Manual yang saya beli dari www.gk-5.com seharga Rp 100.000,00. Terdapat 3 ukuran yang bisa digunakan secara terpisah maupun digabung. Ukurannya yaitu 9mm, 16mm, dan 30mm. Kelemahan dari ExTube ini adalah kita kehilangan fungsi autofocus dan foto menjadi lebih gelap karena cahaya yang masuk lebih sedikit. Tapi hal ini justru menjadi tantangan bagi saya untuk belajar lebih keras mengenai teknik memotret yang baik.

Ini adalah alat tempur saya untuk berburu macro photo bisa dilihat di gambar atas, yaitu :

-Nikon D5100

-Nikkor 50mm f/1,8 D

-Yong Nuo SpeedLight YN-460

-Kertas putih ini untuk menembakkan cahaya dari flash ke object.

Ini adalah beberapa contoh macro photo yang diambil dengan ExTube 9mm, 25mm, dan 55mm. Keempat foto ini diambil dengan setting yang sama. Foto ini diambil dengan posisi fokus lensa paling maximum (posisi lensa paling dekat dengan objek).

f/11 – 1/50 – ISO 200 – Focal Length 50mm

keempat perbandingannya dapat dilihat pada gambar di atas

Dari keempat foto di atas, terlihat jelas bahwa extension tube sangat membantu saya untuk mendapatkan foto makro dengan harga murah. Untuk urusan detail dan ketajaman warna saya rasa cukup baik, walaupun jelas kualitasnya beda dengan lensa macro asli. Tapi, saya sudah sangat puas dengan peran dari ExTube. Saya sangat rekomendasikan untuk menggunakan ExTube ini karena aman buat lensa,cepat dan mudah dipasang, dan penggunaannya bisa bertingkat sesuai kebutuhan.  Adapun ExTube lain yang terkenal adalah Kenko yang harganya 1 jutaan. Kalau pakai ini sih katanya autofocus dan Metering masih berfungsi.

Terima Kasih sudah mau menyimak pengalaman saya menggunakan ExTube. Happy Macro and Happy Shooting.

Share, Jepretan favorit saya di atas, gambar nomor 1 yaitu gambar katak.

Nikkor 50mm+ExTube 25mm, f/11, 1/100, ISO 200

Salam

Valid Hasyimi

www.wix.com/validhasyimi/vrescostudio